Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Toyota Ungguli General Motors

Kompas.com - 25/07/2012, 22:25 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Produsen otomotif terkemuka Jepang, Toyota Totor Corp, kembali menguasai posisi teratas dalam jumlah penjualan mobil dunia pada semester I 2012, dengan mencatat penjualan mobil 4,97 juta unit.

Toyota mengambil alih posisi atas dari produsen otomotif Amerika Serikat, General Motors Co, yang mencatat penjualan mobil 4,67 juta unit.

Kantor berita AP, Rabu (25/7/2012) ini melaporkan, Toyota mengambil alih posisi utama dan unggul dalam penjualan lebih dari 300.000 unit mobil atas GM. Sebelumnya penjualan Toyota merosot akibat sejumlah kebijakan penarikan kembali mobil Toyota, dengan alasan keamanan dan dampak dari bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang bulan Maret 2011 lalu.

Dengan kelebihan 300.000 unit penjualan mobil dan truk Toyota atas GM, semakin memastikan bahwa Toyota akan kembali berada di urutan sebagai produsen otomotif dunia selama tahun 2012 ini. Pengumuman angka penjualan mobil Toyota dan GM ini serempak dikeluarkan Rabu ini.

Pihak Toyota menegaskan, pihaknya mencatat sejumlah pemulihan penjualan yang luar biasa, terutama di pasar China dan Asia Tenggara. Penjualan ini bisa mengompensasi angka penjualan mobil yang turun tajam di pasar Amerika Serikat.

Sementara GM dengan merek utamanya Chevrolet, juga mencatat peningkatan penjualan di China. Chevrolet bahkan mencatat angka rekor pertumbuhan dalam tujuh triwulan berturut-turut.

Juru bicara GM, Jim Cain, menegaskan, penjualan GM akan meningkat 70 persen disebabkan model Amerika Serikat akan mengalami perombakan, ataupun penjualan mobil dengan desain baru akan dilakukan dalam dua tahun mendatang. GM bertekad terus membayangi Toyota menjadi produsen terbesar dunia.

Angka produksi dan penjualan Toyota terpukul, akibat gempa bumi dan tsunami di Jepang timur pada Maret tahun lalu. Banjir yang menghantam Thailand, negara basis produksi utama Toyota, juga ikut memukul kinerja penjualan Toyota.

Belum lagi penarikan kembali sejumlah kendaraan demi keamanan dan keselamatan di AS. Total ada 14 juta kendaraan produk Toyota harus ditarik kembali, karena masalah kualitas sejak persoalan ini muncul tiga tahun lalu.

GM mencatatkan diri sebagai perusahaan dengan penjualan mobil tertinggi di dunia, menyusul kinerja penjualan yang bagus di pasar AS dan China, dua pasar utama produsen mobil nomor satu AS itu.

Perusahaan mobil yang bermarkas di Detroit, AS, itu mencatatkan diri sebagai produsen dengan penujualan mobil tertinggi di dunia selama lebih dari tujuh dekade , sebelum mahkota ini direbut Toyota pada tahun 2008.

Saat itu, penjualan mobil GM merosot tajam akibat krisis ekonomi di AS. Bahkan raksasa otomotif ini nyaris bangkrut total tahun 2009, sebelum ditolong dana talangan pemerintah AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com