Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Pertumbuhan Wisman Melebihi Rata-rata Global

Kompas.com - 01/08/2012, 17:07 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan wisatawan mancanegara pada semester I-2012 tercatat 7,75 persen. Pertumbuhan tersebut mendekati rata-rata pertumbuhan wisman di Asia Pasifik yang tercatat 8 persen.

Angka itu juga lebih tinggi dibandingkan dengan angka pertumbuhan rata-rata wisman global, yakni 5 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/8/2012), mengatakan, pertumbuhan wisman sepanjang Januari-Juni sebagian besar disokong turis dari Singapura, Malaysia, Australia, China, dan Jepang.

Meski di kawasannya lagi krisis, pertumbuhan wisman dari Eropa dan Amerika Serikat juga masih menggembirakan. Wisman Inggris masih tumbuh 4,5 persen, Jerman 6,7 persen, sementara AS tumbuh 9,9 persen. "Artinya, meski krisis, mereka tetap berekreasi," katanya.

Dia mengaku optimistis target 8 juta wisman sepanjang tahun 2012 bisa tercapai. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah wisman pada semester pertama tercatat 3,87 juta orang. "Fokus kami tidak hanya meningkatkan kuantitas jumlah wisman, tetapi juga kualitas, yang bisa diukur dari lama tinggal atau length of stay dan besarnya pengeluaran mereka," ujar Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com