Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Sewa PLTU Bangka Belitung

Kompas.com - 15/08/2012, 17:46 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kapasitas pasokan listrik di Kepulauan Bangka-Belitung akan terus ditingkatkan. Untuk itu PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan menyewa pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) air Anyer 2 x 30 megawatt (MW) yang berlokasi di Desa Air Anyer, Kecamatan Merawang, Kabupaten Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.   

Rencananya PLTU sewa ini akan dibangun konsorsium PT Capital Turbines Indonesia dan PT Odira Energy Persada. Penandatanganan perjanjian kerja sama kontrak PLTU Sewa Air Anyer 2 x 30 MW dilaksanakan Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji bersama Direktur Utama PT Capital Turbines Indonesia Djani Sutedja, Rabu (15/8/2012), di Jakarta.  

Nantinya PLTU Sewa Air Anyer  ini menyuplai energi listrik keSistem Bangka Belitung 350,4 GWh per tahun, PLN akan menyewa PLTU ini selama 9 tahun dengan nilai kontrak sewa 5.5550 sen dollar AS per kWh.

Melalui jaminan pelaksanaan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung 973.236 dollar AS, proyek itu dijadwalkan beroperasi  komersial unit 1 adalah 24 bulan setelah dimulainya pembangunan konstruksi dan unit 2 sekitar 26 bulan.  

Sementara itu, Dirut PT Capital Turbines Indonesia, Djani Sutedja, sebagai perwakilan konsorsium yang membangun PLTU Air Anyer ini berkomtimen untuk membangun pembangkit itu secepat mungkin dengan mutu terbaik. Pihaknya,  mempunyai pengalaman dalam pengembangan listrik di Pulau Bintan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com