Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Saya dari Kecil Selalu Makan Tempe

Kompas.com - 15/08/2012, 17:47 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Tempe bukan hanya menjadi konsumsi masyarakat kelas menengah bawah yang membutuhkan protein tinggi setara daging dan murah. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pun mengaku sebagai penikmat makanan berbahan pokok kedelai ini.

"Saya dari kecil hingga sekarang tak pernah tertinggal untuk makan tempe. Sekalipun saya besar di luar negeri," kata Gita usai pertemuan dengan petani kedelai di Pesantren Ash-Shiddiqi Curahlele, Desa Curahlele Kidul, Jember, Jawa Timur, Rabu (15/8/2012).

Ia pun menyadari, protein nabati yang ada di tempe tak kalah dengan protein hewani yang ada di daging. Akan tetapi pada kenyataannya, konsumsi karbohidrat masyarakat dari beras lebih tinggi dari protein. Padahal, makan berprotein tinggi berharga murah dapat ditemukan di Tempe maupun tahu.

"Saya makan tempe ini pada kenyataannya memang banyak sekali proteinnya. Sehingga protein merupakan suatu hal yang harus diprioritaskan," ungkapnya.

Maka dari itu, menurutnya, produksi kedelai dalam negeri harus ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Salah satunya untuk produksi tempe.

Hingga saat ini, distribusi kedelai memang masih didominasi untuk perajin tampe dan tahu. Adapun kebutuhan kedelai 2012 sebanyak 2,4 juta ton bakal didistribusi ke perajin tahu tempe sebanyak 83,7 persen (1,8 juta ton), Kecap dan Tauco 14,7 persen ( 325.220 ton), perbenihan 1,2 persen (25.843 ton), dan pakan 0,4 persen (8.319 ton).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com