Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kementerian Beranggaran Lebih Rp 20 Triliun

Kompas.com - 16/08/2012, 21:29 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh kementerian dan lembaga yang akan mendapat alokasi anggaran di atas Rp 20 triliun pada 2013. Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi anggaran paling besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat memberikan keterangan pemerintah atas RUU RAPBN Tahun Anggaran 2013 beserta Nota Keuangannya di depan Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8/2012) malam. Presiden mengatakan, pemerintah berkomitmen mengoptimalkan pendapatan negara.

Presiden memaparkan, pada 2013, pemerintah menganggarkan belanja negara sebesar Rp 1.657,9 triliun atau naik Rp 109,6 triliun (7,1 persen) dari pagu APBN-P 2012. Jumlah itu akan kita alokasikan kepada tiga kelompok besar belanja, masing-masing untuk belanja Kementerian Negara/Lembaga yang mencapai Rp 547,4 triliun, belanja Non-Kementerian Negara/Lembaga sebesar Rp 591,6 triliun, dan Transfer ke Daerah sebanyak Rp 518,9 triliun.

Terkait anggaran belanja kementerian dan lembaga, Presiden mengatakan bahwa pemerintah fokus pada lima sasaran strategis. "Pertama, meningkatkan anggaran belanja modal untuk infrastruktur dalam rangka mendukung keterhubungan domestik (domestic connectivity), ketahanan energi dan ketahanan pangan, serta destinasi pariwisata," kata Presiden.

Pemerintah juga akan fokus pada penuntasan pelaksanaan program reformasi birokrasi dan tata kelola serta mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur pemerintah. Fokus ketiga adalah perkuatan pelaksanaan program-program perlindungan sosial dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan, termasuk penguatan program prorakyat dan sinergi antarklaster pengentasan kemiskinan dalam rangka mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI).

"Keempat, meningkatkan efisiensi belanja subsidi melalui penyesuaian tarif dan pengendalian konsumsi energi. Kelima, mengantisipasi persiapan tahapan pelaksanaan Pemilu 2014," kata Presiden.

Berikut ini tujuh kementerian dan lembaga yang mendapatkan alokasi anggaran lebih dari Rp 20 triliun.

 

  1. Kementerian Pertahanan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 77,7 triliun;
  2. Kementerian Pekerjaan Umum dengan alokasi anggaran sebesar Rp 69,1 triliun;
  3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 66 triliun;
  4. Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan alokasi anggaran sebesar Rp 43,4 triliun;
  5. Kementerian Agama dengan alokasi anggaran sebesar Rp 41,7 triliun;
  6. Kementerian Perhubungan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 31,4 triliun;
  7. Kementerian Kesehatan dengan alokasi anggaran sebesar sebesar Rp 31,2 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com