Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Langsung Jaga Rupiah di Pasar

Kompas.com - 23/08/2012, 10:33 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang rupiah Kamis (23/8/2012) dibuka di level 9.480-9.500 per dollar AS, menguat dibanding level pembukaan Kamis (16/8/2012) pekan lalu menyusul ditutupnya IHSG di zona positif.

Bank Indonesia pun diperkirakan langsung berjaga di pasar. Kamis pekan lalu rupiah ditutup melemah di level 9.490 setelah dibuka di level 9.485 dan bergerak di kisaran 9.482-9.510 per dollar AS. Bursa IHSG kamis lalu kemarin ditutup menguat di zona hijau di tengah jatuhnya bursa asia turut menahan laju dollar terhadap rupiah.

Menurut analis BNI Treasury, Raditya Ariwibowo, BI terlihat melakukan intervensi di pasar pada sore hari guna menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Riset BNI Treasury memprediksi hari ini rupiah berpotensi bergerak dengan kecenderungan konsolidasi melemah.

Hasil FOMC meeting semalam yang memunculkan harapan aksi The Fed untuk meluncurkan QE3 ikut mengisyaratkan ekskalasi rupiah hari ini.

"Bank Indonesia pun diperkirakan masih akan berupaya menenangkan fluktuasi rupiah di tengah kesiagaan pemenuhan suplai dollar AS di pasar guna mengatasi tingginya permintaan dollar AS oleh importir di setiap akhir bulan," kata Raditya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com