Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Berangkatkan 635 Motor Secara Gratis

Kompas.com - 23/08/2012, 18:05 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 635 unit sepeda motor dan 1.486 penumpang diberangkatkan dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh dari terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kembali ke Jakarta. Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan, fasilitas arus balik gratis ini dilakukan guna mengurangi padatnya jalur mudik oleh sepeda motor.

Demikian kata siaran pers yang diterima Kompas.com di kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (23/8/2012).

"Tujuannya agar menginspirasi lebih banyak orang memanfaatkan fasilitas mudik gratis ini, sehingga penggunaan sepeda motor untuk mudik dapat dikurangi," ungkap Bambang yang melepas langsung para pemudik tersebut.

Bambang menyampaikan, para pemudik tersebut berharap agar ke depannya kapasitas kapal pengangkut pemudik tersebut dapat dtingkatkan pada tahun-tahun berikutnya. Kemenhub bakal mengoptimalkan peran kapal laut sebagai alat transportasi Lebaran pada periode berikutnya. Evaluasi secara menyeluruh pun dilakukan sehingga kapasitas penumpang kapal pun juga dapat terus ditingkatkan lagi.

"Untuk moda transportasi laut, udara, dan kereta api pada angkutan Lebaran ini terkendali baik, sedangkan untuk angkutan jalan masih kurang lancar," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com