Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kopi Digelar di Bali

Kompas.com - 29/08/2012, 13:47 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Kerajaan Ubud, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Komunitas Kopi, dan Blogger Kopi akan menggelar Festival Kopi Indonesia (Indonesian Coffee Festival/ICF) di Ubud, Bali, 15-16 September 2012.

Penyelenggaraan ICF yang tahun ini untuk kedua kali itu dimaksudkan akan menjadikan Indonesia sebagai kiblat kopi dunia serta memosisikan agrowisata kopi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan sekaligus mengembangkan kuliner kopi sebagai life style yang menjadi bagian dari ekonomi kreatif.

"Melalui ajang Festival Kopi Indonesia ini, produk kopi unggulan yang dihasilkan Indonesia diharapkan lebih dikenal masyarakat luas sekaligus dapat menjalin hubungan simbiosis mutualisme dari hulu hingga hilir antara petani, pedagang, produsen, dan eksportir kopi dalam dan luar negeri," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sapta Nirwanda, Rabu (29/8/2012).

Menurut Sapta Nirwanda, Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia terkenal dengan cita rasa dan aroma kopi, selain juga keunikan dalam mengolah dan menyajikannya. "Keunikan itu menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia. Untuk ini harus gencar mempromosikan, termasuk memopulerkan branding kopi Indonesia, seperti kopi luwak dan kopi tubruk agar lebih dikenal masyarakat dunia," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com