Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Naik, Laba Golden Energy Turun

Kompas.com - 03/09/2012, 17:15 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Perusahaan bagian Sinarmas Group, PT Golden Energy Mines Tbk, membukukan peningkatan produksi sebesar 67 persen dari 1,8 juta ton di tengah tahun 2011 menjadi 3 juta ton di tengah tahun 2012. Namun, laba bersih perusahaan turun menjadi Rp 146 miliar dari laba tahun lalu sebesar Rp 163 miliar.

"Perusahaan telah berhasil mencapai peningkatan produksi sesuai dengan yang direncanakan selama periode tersebut. Namun, penurunan tajam pada harga batubara dan peningkatan biaya produksi berpengaruh dalam profitabilitas usaha ini," kata Presiden Direktur Golden Energy Mines (GEMS), Fuganto Widjaja, di Jakarta, Senin (3/9/2012).

Fuganto menambahkan, program pengeluaran modal sedang dibentuk agar dapat sejalan dengan perkembangan pasar. Langkah rasionalisasi atas biaya sedang dimulai di berbagai unit untuk mengatasi skenario pasar. "Fakta GEMS merupakanperusahaan yang bebas dari utang. Kami percaya, menempatkan kami dalam keadaan yang lebih baik untuk menghadapi perubahan pasar yang semakin dinamis," kata Fuganto. Pendapatan perseroan meningkat 69 persen dari Rp 1,238 triliun di tengah tahun 2011 menjadi Rp 2,092 triliun di tengah tahun 2012. Pada 13 Juli 2012, Perusahaan mendirikan anak perusahaan baru, yakni GEMS Coal Resources Pte Ltd di Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com