Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 70 Persen Investasi Asing Sasar Pasar Domestik

Kompas.com - 07/09/2012, 13:26 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan investasi asing belum tentu mendongkrak kinerja ekspor Indonesia. Pasalnya sekitar 70 persen investasi tersebut ternyata menyasar pasar domestik. Karenanya, pemerintah harus lebih jeli dalam menerima tawaran investasi asing.

"Korelasi investasi asing bisa mendongkrak ekspor sulit diharapkan, karena sekitar 70 persennya justru menyasar pasar dalam negeri. Artinya, nilai tambah yang diharapkan tidak bisa maksimal," kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dalam acara diskusi publik tentang perdagangan internasional, yang diselenggarakan Centre for Strategic and International Studies, di Jakarta, Jumat (7/9/2012).

Dia mengatakan, kondisi itu harus disikapi karena sebagaian besar investasi asing juga mengandalkan bahan baku impor. Jika terus dibiarkan maka ketergantungan bahan baku impor akan sangat tinggi, sementara hasil produknya justru memenuhi pasar dalam negeri. " Memang kita tidak mungkin mengatur secara ketat setiap investasi asing yang akan masuk. Saya yakin Badan Koordinasi Pasar Modal sudah paham apa yang harus dilakukan," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com