Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop: UKM Jalan, Per Kapita Bisa 4.500 Dollar AS

Kompas.com - 10/09/2012, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarifuddin Hasan mengklaim pendapatan per kapita Indonesia bisa tembus 4.500 dollar AS tahun ini, Syaratnya, masyarakat lebih berpartisipasi dalam kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Tanpa didukung adanya itu. Maka perekonomian kita akan seperti ini saja," katanya seusai peluncuran solusi komunikasi UKM Indosat di Gedung Indosat, Jakarta, Senin (10/9/2012). Tahun 2011 lalu, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia sekitar 3.542 dollar AS.

Salah satu cara untuk memajukan sektor UKM ialah dengan menggabungkan sistem informasi komunikasi dan teknologi seperti yang dilakukan oleh PT Indosat. "Sistem ini merupakan suatu kebutuhan utama bagi bisnis UKM," ujarnya.

Politisi Demokrat ini mengaku siap membantu Indosat jika menemui kesulitan keuangan dalam menjalankan program ini. "Setiap program tentunya akan mengeluarkan biaya besar. Kalau Indosat kekurangan dana datang saja ke Kementerian Koperasi. Kita akan back-up Indosat," ucapnya.

Hari ini, PT Indosat meluncurkan layanan komunikasi yang diberi nama Indosat Solusi Usaha Kecil Menengah (UKM).

Direktur and Chief Whosale Officer Indosat Fadzri Santosa menjelaskan,,layanan ini merupakan layanan telepon, internet dan aplikasi online lainnya untuk meningkatkan produktivitas UKM. Indosat menyediakan berbagai paket untuk menyediakan layanan online khusus bagi UKM.

"UKM saat ini harus mengukuti perkembangan zaman. Indosat berusaha untuk memadukan sistem teknologi untuk mendorong produktifitas UKM," katanya di tempat yang sama.

Menurutnya, layanan baru ini akan membuat biaya telekomunikasi UKM lebih efisien hingga 87 persen. (Nur Ramdhansyah A/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com