Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Bidang Energi ASEAN Bertemu di Phnom Penh

Kompas.com - 12/09/2012, 09:09 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com — Pertemuan ASEAN tingkat menteri bidang energi diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja. Acara itu berbarengan dengan pelaksanaan beberapa pertemuan tingkat tinggi dan forum bisnis energi tingkat ASEAN.

Acara itu diikuti para menteri bidang energi dari negara-negara anggota ASEAN, China, Jepang, dan Korea. Pertemuan itu juga dihadiri perwakilan dari Badan Energi Internasional, lembaga riset ekonomi untuk ASEAN, dengan melibatkan forum bisnis energi ASEAN.

Upacara pembukaan digelar di Peace Palace, Phnom Penh, Rabu (12/9/2012) pagi. Acara bertema "ASEAN Green Connectivity" itu dijadwalkan dibuka Perdana Menteri Kamboja Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen.

Wartawan Kompas Evy Rachmawati melaporkan, sekitar 500 peserta dari delegasi negara-negara anggota ASEAN+3 tampak telah memasuki ruang pertemuan di Peace Palace.

Pertemuan itu difokuskan pada masalah produksi dan konsumsi energi dan meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan dan perubahan iklim. Pada akhir acara diharapkan lahir sejumlah rekomendasi dan perspektif mengenai implementasi kerja sama bidang energi ASEAN.

Sebagai bagian dari pertemuan itu, Kementerian Industri, Pertambangan dan Energi Kamboja, bekerja sama dengan Pusat Energi ASEAN, menggelar forum bisnis energi ASEAN 2012. Forum itu dihadiri perwakilan dari pemerintah, organisasi nonpemerintah, sektor swasta, dan lembaga keuangan internasional.

Forum itu membuka ruang bagi para pemangku kepentingan untuk berdialog, bertukar informasi, pengalaman, pengetahuan, dan riset yang diperlukan untuk mempercepat pengembangan sektor energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com