Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swiss Menuduh AS Hipokrit

Kompas.com - 13/09/2012, 10:39 WIB
Simon Saragih

Penulis

ZURICH, KOMPAS.com — Swiss menuduh Amerika Serikat sebagai hipokrit. Ini karena AS sibuk mengejar uang warganya yang menabung di perbankan Swiss, sementara AS membiarkan negaranya memiliki wilayah mirip surga pajak, seperti Delaware.

Ini dipicu tindakan AS yang menyogok Bradley Birkenfeld, eks bankir UBS (Swiss) sebesar 104 juta dollar AS, sebagaimana ditulis kantor berita Reuters, Kamis (13/9/2012).

Sebelum disogok, Birkenfeld sempat dipenjarakan karena dituduh membantu warga AS menggelapkan pajak dengan memindahkan dana ke perbankan Swiss.

Dengan sogokan itu, Birkenfeld memberi informasi kepada otoritas AS bahwa ada warga AS yang menggelapkan pajak. Dia juga memberi tahu bahwa ada penyelundupan berlian yang dimasukkan ke dalam pasta gigi.

Kesaksian ini membuat AS beralasan mengenakan denda ke UBS dan memaksa UBS memberi data 4.500 nasabah AS penggelap pajak.

Tindakan AS juga ini membuat kekuatan kerahasiaan perbankan Swiss tergorogoti. "Ini adalah contoh paling tinggi soal kemunafikan AS," kata Pirmin Bischof, anggota parlemen Swiss.

Karena mendapatkan informasi dari "si pembocor informasi", otoritas AS juga mencecar sebelas bank Swiss lainnya, termasuk Credit Suisse dan Julius Baer. Tuduhannya adalah bank-bank Swiss itu membantu warga negara AS menghindari pajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com