Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Melemah Terimbas Dampak Anti-Amerika

Kompas.com - 18/09/2012, 07:38 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Wall Street ditutup lebih rendah pada Senin (17/9/2012) waktu setempat (Selasa pagi WIB) setelah reli dipicu stimulus QE3 baru Federal Reserve, di tengah kekhawatiran tentang pelemahan di bidang manufaktur AS dan  kerusuhan anti-Amerika di Timur Tengah.

Indeks manufaktur Federal Reserve Empire State untuk wilayah New York turun untuk kedua bulan berturut-turut pada September. "Sebuah penurunan tak terduga dalam kegiatan Manufaktur New York ke tingkat terendah sejak April 2009  tidak menawarkan bantuan untuk sentimen," kata analis Charles Schwab & Co.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 40,27 poin (0,30 persen) menjadi 13.553,10. Indeks saham S&P 500 melemah 4,58 poin (0,31 persen) menjadi 1.461,19, sementara indeks teknologi Nasdaq berkurang 5,28 poin (0,17 persen) pada 3.178,67.

"Kami memiliki kekhawatiran mengenai dampak dari QE3 pada harga minyak dan bensin serta meningkatnya kerusuhan anti-Amerika di Timur Tengah," kata Fred Dickson, kepala strategi investasi di DA Davidson & Co.

Saham Apple kembali meraih sorotan setelah mengumumkan rekor pesanan baru pra rilis  iPhone 5-nya, pada lebih dari dua juta pesanan dalam waktu 24 jam pertama. Apple ditutup pada harga nyaris 700 dollar AS per saham, naik 1,2 persen pada rekor 699,78 dollar AS, menjadikannya perusahaan paling berharga di dunia dengan nilai pasar hampir 656 miliar dollar AS.

Ford Motor Co. turun 1,3 persen. Setelah penutupan pasar, Serikat Pekerja Otomotif Kanada mengumumkan kesepakatan tentatif tentang kontrak empat tahun dengan Ford Kanada, mencegah pemogokan yang dijadwalkan dimulai pada tengah malam. Ford naik 0,2 persen setelah jam perdagangan.

Dalam berita merger dan akuisisi, peritel perbaikan rumah Lowe Companies merosot 0,6 persen, setelah menarik tawaran akuisisi untuk  RONA Inc. Kanada. Pengecer saingannya, Home Depot turun 0,9 persen.

Sektor keuangan berada di bawah tekanan setelah mencetak kenaikan kuat pekan lalu didukung stimulus pembelian obligasi QE3 terbuka Fed. Bank of America memimpin penurunan Dow, merosot 2,6 persen. Diikuti anggota Dow, JPMorgan Chase yang kehilangan 0,9 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com