Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Resmikan Indonesia Creative Center

Kompas.com - 18/09/2012, 11:15 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan telah meresmikan Indonesia Creative Center. Tempat tersebut merupakan ruang bagi mitra binaan BUMN untuk memamerkan hasil karya usaha dari pengusaha kecil menengah binaannya.

"Melalui ruang pameran tersebut, pengusaha kecil yang dibina oleh BUMN dapat lebih eksis, percaya diri dan ke depan bisa meningkatkan kualitas produksinya," kata Dahlan di Gedung Sarinah Jakarta, Selasa (18/9/2012).

Menurut Dahlan, usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan bagian penting dari perputaran ekonomi rakyat di Indonesia. Karena melalui usaha produksi yang dihasilkan, mereka akan memberikan kontribusi penting bagi pendapatan masyarakat luas.

Selain dibina, para pengusaha ini akan diarahkan dan dibantu dalam memasarkan hasil produksinya. Sehingga, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di BUMN, pengusaha kecil tersebut bisa terangkat eksistensinya.

"Ini akan menjadi simbiosis mutualisme bagi anak usaha BUMN dan pengusaha kecil yang dibina," jelasnya.

Direktur Utama PT Sarinah Persero Mira Amahorseya menjelaskan ruang pameran tersebut berada di lantai 14 Gedung Sarinah Thamrin. Dengan luas sekitar 1.600 meter persegi, pengusaha bisa memanfaatkan area tersebut untuk berpromosi hingga bertemu dengan pembeli.

Di pameran tersebut, ada 25 booth yang disediakan untuk mitra usaha BUMN. Setiap bulan, pameran akan diadakan dengan tema berbeda. Misalnya bertema wanita (September), Batik mendunia, pekan pelajat dan pekan pria (Oktober dan November).

"Di setiap minggu juga akan bertema kedaerahan berbeda, seperti Kalimantan, Sumatera dan sebagainya," jelasnya.

Berbagai produk yang dipamerkan adalah berbagai kerajinan perak, tembaga, kayu, sepatu, spa, aromaterapi, garmen, batik, makanan dan minuman hermal hingga jamu-jamuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com