Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Siap Pasok Beras 1,5 Juta Ton Per Tahun

Kompas.com - 18/09/2012, 17:29 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Vietnam berkomitmen untuk memasok beras ke Indonesia 1,5 juta ton per tahun. Komitmen tersebut tertuang dalam kontrak perpanjangan kerja sama impor beras yang ditandatangani Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Industri dan Perdagangan Viet Nam Vu Huy Hoang, Selasa (18/9/2012).

Kontrak kerja sama impor beras diperpanjang mulai 1 Januari 2013 sampai Desember 2017. Setiap tahun Vietnam sanggup memasok beras hingga 1,5 jta ton. Itu jika Indonesia membutuhkan.

Mereka juga menawarkan harga beras yang lebih kompetitif dibandingkan negara lainnya. "Tentunya instrumen impor merupakan opsi terakhir yang dilakukan untuk menjaga stabilitas harga di dalam negeri agar masyarakat berpenghasilan rendah dapat memenuhi kebutuhan beras dengan harga yang tetap bisa terjangkau tanpa merugikan petani Indonesia," kata Gita Wirjawan.

Menurut dia, kerja sama impor beras dengan Vietnam dilakukan supaya Indonesia tidak tergantung pada satu atau dua negara pemasok saja. Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman diharapkan dapat mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Penandatanganan nota kesepahaman seperti ini telah dilakukan dengan beberapa negara produsen beras di ASEAN, antara lain Kamboja dan Thailand, yang dimaksudkan untuk menyediakan alternatif cadangan beras bagi Indonesia di kala Indonesia memerlukannya," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com