Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Tabur Garam di KKP

Kompas.com - 19/09/2012, 12:38 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Petani Garam Madura menggelar unjuk rasa di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rabu (19/9/2012). Mereka memprotes kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada petani garam.

Dalam aksinya, mahasiswa menaburkan butir-butir garam di luar pagar kantor KKP di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta.

Koordinator Aksi Solidaritas Petani Garam Madura, Hamidi mengemukakan, harga garam di sejumlah wilayah Indonesia anjlok sehingga memukul petani garam. Harga garam kualitas I yang seharusnya dijual dengan harga patokan Rp 750 per kg sekarang anjlok menjadi Rp 350 per kg.

Saat ini petani memasuki musim panen dan berharap garam bisa terserap dengan harga normal. Namun, kebijakan patokan harga yang ditetapkan pemerintah gagal terwujud dan petani garam semakin miskin.

"Garam tidak bisa memberi kesejahteraan sedikit pun kepada petani. Pemerintah gagal melindungi petani garam," ujar Hamidi.

Ia mengultimatum pemerintah untuk memperbaiki harga garam dalam waktu seminggu. Apabila harga garam rakyat tidak mengalami peningkatan dan memberi kesejahteraan bagi petani rakyat, mereka mengancam akan tetap melanjutkan unjuk rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com