Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Korea Selatan Dinilai Sukses

Kompas.com - 24/09/2012, 12:41 WIB
Haryo Damardono

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — International Air Transport Association (IATA) meminta Korea Selatan mempertahankan keberhasilannya dalam industri penerbangan sehingga diharapkan menjadi contoh bagi negara lainnya.

"Korea telah membentuk kerangka kerja yang mendorong suksesnya penerbangan. Sektor ini menyumbang 0,8 persen GDP dan mempekerjakan 140.000 orang. Bila dimasukkan dampak dari penerbangan yang terkait turisme, sumbangannya menjadi 2,2 persen GDP dan mempekerjakan 488.000 orang," kata Direktur Jenderal IATA Tony Tyler, Senin (24/9/2012).

Kini perekonomian Korea tercatat dalam 15 besar dunia. Pendapatan per kapitanya 20.000 dollar AS, dengan jumlah penduduk 50 juta orang. "Efisiensi dalam konektivitas terjadi sebagai hasil kerja mulai dari maskapai, bandara, pengatur lalu lintas, perusahaan logistik, hingga agen. Tak kalah pentingnya adalah kebijakan dari pemerintah," ungkap Tyler.

Bandara Incheon di Seoul, misalnya, juga kerap membuat terobosan. Pada tahun 2007, Incheon mengumumkan penurunan tarif mendarat pesawat sebesar 10 persen dari 2008 hingga 2010. Incheon kini juga ambil bagian dalam menerapkan standar tinggi dalam teknologi yang memudahkan dan mempercepat pemrosesan bagi penumpang. Penumpang dimudahkan dalam proses check-in, pemindaian bagasi, pencarian bagasi, hingga pengecekan dokumen perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com