Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, OJK Buka Cabang di Daerah

Kompas.com - 24/09/2012, 14:19 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan juga akan membuka cabang di daerah. OJK beralasan, pengawasan lembaga yang dinaunginya juga berlaku di daerah. Ketua OJK Muliaman Darmansyah Hadad mengungkapkan, keinginan membuka cabang di daerah itu dilakukan agar pengawasan bisa diterapkan secara menyeluruh, bahkan hingga ke pelosok.

"Sehingga pengawasan akan perlu juga dilakukan di daerah. Kami akan buka mulai 2014," kata Muliaman di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Hingga saat ini, OJK masih fokus mempersiapkan masa transisi, khususnya dari lembaga Bapepam-LK. Sebab, lembaga yang mengurus pasar modal dan industri keuangan nonbank itu akan masuk secara resmi ke OJK pada 1 Januari 2013. Selain itu, industri perbankan saat ini juga siap-siap karena akan masuk ke OJK pada 1 Januari 2014.

"Setelah semua beres, baru kami akan membuka cabang di daerah," ujarnya.

Ke depannya, OJK akan memerlukan pegawai dengan jumlah sekitar 1.000 orang dari Bapepam-LK dan Bank Indonesia (BI) sekitar 1.500 orang. Dengan demikian, jumlah total pegawai menjadi 2.500 orang.

"Jika kurang, kami akan merekrut dari pasar," ungkapnya.

Saat ini, anggaran OJK masih disubsidi dari Bank Indonesia. Tahun depan, OJK akan menerapkan pungutan terhadap lembaga yang dibawahinya. Terkait besarannya, sampai saat ini masih dibahas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com