Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kakao Melemah 3 Persen

Kompas.com - 25/09/2012, 12:18 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga kakao pada penutupan perdagangan di bursa ICE Futures Selasa dini hari tadi (25/9/2012) mengalami pelemahan sekitar 3 persen. Harga kakao berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Desember di ICE Futures mengalami penurunan sebesar 75 dollar AS (2,98 persen) dan ditutup pada posisi 2.446 dolar AS per ton.

Harga kakao berjangka di NYSE London mengalami penurunan 43 poundsterling (2,64 persen) dan berakhir pada posisi 1.583 poundsterling per ton Harga kakao turun tajam karena kembalinya kekhawatiran mengenai kondisi kawasan euro.

Rilis data dari Jerman yang lesu membuat para investor kehilangan gairah. Sebagian besar harga komoditas juga tampak mengalami penurunan.

Penurunan kepercayaan bisnis di Jerman berada ke tingkat terendahnya dalam dua tahun terakhir. Hal itu membebani sentimen di pasar komoditas.

Kekhawatiran baru bahwa Eropa muncul setelah terjadi pelemahan euro. Dollar yang lebih kuat cenderung mengurangi permintaan untuk emas yang dihargakan dalam dollar mendorong harga lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com