Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Domestik Digarap Tahun 2013

Kompas.com - 28/09/2012, 18:46 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana menuturkan, kebijakan ekonomi pemerintah pada 2013 akan serius menggarap ekonomi domestik sebagai bagian dari rencana jangka menengah nasional 2010-2014. Tujuan itu harus digarap sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pemilu 2014.

Armida menjelaskan, fokus 2013 dijabarkan lebih detail lagi, yaitu meningkatkan daya saing, meningkatkan daya tahan ekonomi, meningkatkan perluasan kesejahteraan rakyat, dan pemantapan stabilitas sosial politik.

"Pemantapan stabilitas sosial politik sangat penting mengingat tahun depan Indonesia menggelar pemilu," ujar Armida dalam seminar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bandung, Jumat (28/9/2012), di Bandung, Jawa Barat.

Terkait dengan fokus ekonomi domestikt tersebut, Armida mengaitkannya dengan dua rencana besar lainnya yang disusun pemerintah, yakni Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia. (MP3KI). MP3EI salah satunya mendorong konektivitas antarwilayah berupa koridor-koridor ekonomi yang diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan yang sama, Armida melantik sembilan komisariat ISEI di bawah koordinasi ISEI Bandung. Mereka akan mengikuti Kongres Ke-18 ISEI di Yogyakarta, 2-4 Oktober.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com