Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurunan Harga Emas Terus Berlanjut

Kompas.com - 10/10/2012, 13:55 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga emas pada penutupan perdagangan di bursa Nymex, Rabu (10/10/2012), mengalami penurunan signifikan. Harga emas bahkan merosot mencapai posisi terendah dalam satu minggu terakhir.

Pemicunya adalah menguatnya dollar AS yang membuat permintaan terhadap logam mulia emas turun. Emas untuk pengiriman Desember turun 10,70 dollar AS atau 0,6 persen ke level 1.765 dollar AS per ons di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Penurunan harga juga terjadi di pasar spot. Harga emas spot ditutup pada posisi 1.764 dollar AS. Harga emas spot tampak mengalami penurunan sebesar 10,65 dollar AS dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya.

Kenaikan indeks dollar AS menjadi pemicu utama turunnya harga emas. Dollar AS mengalami kenaikan terbesar dalam dua bulan terhadap enam rival utamanya yang tergabung dalam indeks dollar.

IMF mengikuti langkah Bank Dunia menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global. IMF memperkirakan tahun 2012 ekonomi global akan tumbuh 3,3 persen, paling lambat sejak tahun 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com