Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri Gelar Pelatihan Jadi Pengusaha

Kompas.com - 11/10/2012, 18:21 WIB
Didik Purwanto

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berkomitmen untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia. Salah satu caranya menggelar pelatihan wirausaha bagi pemuda di seluruh Indonesia. Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri, Budi G Sadikin menjelaskan edukasi merupakan program yang dilakukan untuk mempertegas komitmen Bank Mandiri terhadap peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.

Program edukasi tersebut dilakukan di 198 sekolah serta 13 perguruan tinggi di 12 kota yaitu Pekanbaru, Bandar Lampung, Banten, Jakarta, Bandung, Solo, Purwokerto, Malang, Pontianak, Palu, Mataram dan Manokwari. Program tersebut diikuti oleh 19.800 siswa SD, SMP, dan SMA serta 6.500 mahasiswa.

"Seluruh jajaran direksi dan lebih dari seribu pegawai Bank Mandiri di seluruh Indonesia secara serentak turun langsung memberikan edukasi di Perguruan Tinggi dan sekolah-sekolah untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa dan siswa tentang perbankan, pendidikan dan kepemimpinan," kata Budi pada acara Mandiri Edukasi di Bandung, Kamis (11/10/2012).

Kegiatan Mandiri Edukasi yang bertema "Inovasi untuk Indonesia Mandiri" tersebut merupakan salah satu strategi utama program Bina Lingkungan di bidang pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan salah satu pilar yang menyokong kema juan Indonesia. Program yang melibatkan seluruh unsur pimpinan Bank Mandiri tersebut juga menjadi media yang efektif bagi Bank Mandiri untuk berbagi pengalaman dengan pelajar dan mahasiswa, tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan kreativitas bagi sebuah entitas bisnis dalam merebut peluang pasar.

"Kami ingin memacu generasi muda Indonesia agar dapat berinovasi untuk mandiri dan tangguh dalam menghadapi persaingan melalui workshop WMM dan sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman di kegiatan Mandiri Edukasi. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Bank Mandiri untuk selalu tumbuh bersama masyarakat dan bangsa Indonesia," tambahnya.

Selain workshop di bidang kewirausahaan, lanjut Budi, Bank Mandiri menggelar program-program untuk merangsang generasi muda berwirausaha seperti program penghargaan Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur, WMM Goes to Pesantren, National Lecturer Series, Workshop WMM, Mandiri Goes to SMK dan yang terbaru adalah Program Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge.

Bank Mandiri juga telah membuka pendaftaran program Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2012 dan program Mandiri Young Technopreneur 2012 secara online sejak Juli lalu agar multiplier effect yang ditimbulkan semakin kuat. Seluruh kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menggunakan dana anggaran Program Bina Lingkungan Bank Mandiri.

Dana Bina Lingkungan yang telah disalurkan Bank Mandiri untuk berbagai kegiatan pada tahun 2012 sampai dengan September mencapai Rp 57 miliar. Bank Mandiri juga menyalurkan beasiswa Mandiri Prestasi sebesar Rp 12,4 miliar bagi 260 mahasiswa dari 13 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, Bank Mandiri membantu pengadaan buku perpustakaan untuk 198 sekolah senilai total Rp 990 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com