Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi BBM Diperketat

Kompas.com - 12/10/2012, 17:13 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) mendistribusikan bahan bakar minyak bersubsidi dengan pengawasan internal secara berlapis, hingga di titik serah yang diyakini dapat mencegah terjadinya upaya penyalahgunaan BBM bersubsidi.

Hal ini disampaikan Manager Perencanaan dan Operasi Divisi Suplai dan Distribusi PT Pertamina Abdul Cholid dalam temu media, Jumat (12/10/2012), di Kantor Pusat PT Pertamina, Jakarta.

Menurut Abdul Cholid, BBM yang diperoleh dari hasil pengolahan kilang dan impor masuk ke terminal transit utama (TTU) menggunakan moda transportasi laut.

Dari TTU, BBM dialirkan menuju terminal BBM, baik dengan moda transportasi laut maupun sungai,  kemudian disalurkan ke SPBU menggunakan mobil tangki BBM yang dimiliki dan dikelola oleh penyedia mobil tangki BBM.

Pengawasan secara ketat dilakukan Pertamina selama proses pengisian BBM ke mobil tangki di terminal BBM. Saat itu BBM, baik Premium maupun Solar berpindah kepemilikan dari Pertamina kepada pelanggan.

Di terminal BBM yang dilengkapi automation system, seperti di Terminal BBM Plumpang, Cikampek, Boyolali, Tuban, Surabaya, dan Bau-Bau, pengawasan telah dilakukan secara otomatis berbasis IT. Pengawasan dilakukan sejak di pintu masuk hingga keluar terminal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com