Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unimig-Indonesia Korea Gelar Fall Forum 2012

Kompas.com - 15/10/2012, 16:22 WIB
Anastasia Joice

Penulis

ANSAN, KOMPAS.com -- Menjadi tenaga kerja yang sukses bukan hanya dalam pekerjaan tetapi masa depan pribadi, merupakan salah satu ide yang diangkat dalam acara Fall Forum Uni Migran Indonesia di Korea (Unimig-Indonesia Korea). Forum ini merupakan agenda rutin yang kali ini berlangsung di Hanyang University Kampus Ansan, Korea Selatan, Minggu (14/10/2012).

Menurut informasi dari Unimig-Indonesia Korea, Fall Forum kali ini mengundang Eko Endarto,perencana keuangan indepen dari Finansia Consulting Jakarta. Pada kesempatan ini Eko, membahas tentang bagaimana agar para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mampu mengelola penghasilan melalui perencanaan keuangan individu yang tepat. Khususnya bagaimana para TKI di Korea mempersiapkan masa depan keluarga di Indonesia mengingat batas usia boleh bekerja di Korea bagi TKI maksimal usia 40 tahun. Sehingga persiapan terencana diperlukan semasa mereka masih bekerja di Korea.

Seminar dihadari 75 TKI dan dibuka oleh Ketua Unimig Korea, Gilar Budiraharja. Unimig Korea adalah organisasi buruh migran Indonesia yang baru terbentuk kurang dari satu tahun. Dalam sambutannya, Ketua Unimig Korea menyampaikan tentang perlunya TKI di Korea berserikat dan mengembangkan potensi diri, sehingga menjadi TKI yang berdaya.

Menurut Ketua Unimig Cabang Korea, Gilar Budiraharja, acara forum ini rutin dilaksanakan untuk memberdayakan TKI di Korea untuk bersatu dan mengembangkan potensi diri sehingga saat berada di negara orang dan kembali ke Indonesia menjadi TKI yang tangguh dan bermanfaat bagi banyak pihak. Dia juga menyampaikan bahwa Unimig secara rutin akan menggelar forum-forum edukasi bagi TKI di Korea.

Sementara itu, Eko Endarto, dalam seminarnya menyampaikan pentingnya mengelola keuangan khusus bagi TKI yang memiliki batas maksimal usia bekerja di Korea. Mengelola penghasilan terbatas untuk memenuhi pengeluaran yang tidak terbatas menjadi hal menarik yang didiskusikan. Pembicaraan tentang masa depan dan hutang menjadi topik menarik sebab sebagian dari TKI yang hadir sudah berkeluarga dan menggunakan hutang sevagai salah satu cara untuk bisa bekerja di Korea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com