Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2012, 16:45 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

 SURABAYA, KOMPAS.com - Hampir 70 persen dari 4,2 juta unit usaha mikro, kecil menengah (UMKM) di Jawa Timur masih menggunakan jasa rentenir untuk mendapatkan modal usaha. Suku bunga pinjaman hingga 40 persen, tidak dipersoalkan oleh pelaku usaha karena butuh modal usaha dalam waktu singkat. Direktur Utama Bank UMKM Jatim R Soeroso di Surabaya, Selasa (16/10/2012) mengatakan, pelaku usaha umumnya kebingungan mencari tambahan modal ketika order meningkat.

Berhubung syarat pengajuan kredit ke bank umum termasuk bank perkreditan rakyat (BPR) rumit dan membutuhkan agunan, pelaku usaha memilih meminjam dari rentenir. "Memang agunan tidak sesuai dengan nilai pinjaman, namun suku bunga pinjaman sangat besar," katanya. Sementara Bank UMKM Jatim yang juga BPR milik BUMD Peerintah Provinsi Jatim, mematok suku bunga pinjaman sekitar 1 persen per bulan. "Suku bunga kredit Bank UMKM Jatim bisa lebih rendah dari bank lain karena sumber dana dari Bank Jatim juga dari beberapa BUMN dan dana pihak ketiga (DPK)," katanya.

Hingga September 2012, kata Soeroso, kredit yang disalurkan sudah mencapai Rp 983,262 miliar, dana pihak ketiga mencapai Rp 748,010 miliar dengan total aset Rp 1,2 trilun. Pihak yang bisa menikmati kredit dari Bank UMKM Jatim, bukan hanya pengusaha tetapi juga petani dan nelayan serta peternak. Bank UMKM bersama Jatim Expo Internasional, anak perusahaan Wira Jatim Group, bakal menggelar Pesta Rakyat Jatim 2012 dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jatim ke-67. Pesta rakyat tersebut akan berlangsung 17-31 Oktober 2012 dengan melibatkan 200 unit UMKM termasuk 20 perusahaan dan 40 unit pelaku usaha di sektor kuliner.

Soeroso menambahkan, Bank UMKM Jatim dalam pesta rakyat Jatim akan membuka stand khusus untuk memberi edukasi perbankan bagi UMKM yang kesulitan permodalan. Dengan bunga 1 persen per bulan, diharapkan pelaku UMKM tak lagi kesulitan mencari pinjaman untuk menjalankan usaha mereka. Bahkan selama kegiatan berlangsung, Bank UMKM Jatim akan bertemu langsung dengan pelaku usaha sekaligus memberi kesempatan untuk mengajukan kredit. Kredit cair jika syarat pengajuan lengkap, paling lama satu minggu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com