Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Pengusaha Papua Nugini Bakal Hadiri Trade Expo

Kompas.com - 16/10/2012, 17:51 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Trade Expo Indonesia ke-27 yang digelar 17- 20 Oktober 2012 di Jakarta ternyata menarik minat para pengusaha Papua Nugini asal Kota Vanimo.

Sekitar 20 pengusaha asal Kota Vanimo, Provinsi Sandaunini, akan meramaikan transaksi dagang di Trade Expo Indonesia. Ini pertama kali para pengusaha asal kota Vanimo ini datang sebagai buyer potensial dalam bentuk delegasi yang jumlahnya lumayan banyak.

Dalam siaran pers Selasa (16/10/2012) dijelaskan, para pengusaha yang dihimpun Konsulat RI di Vanimo ini berminat untuk membeli produk Indonesia seperti produk tekstil, garmen, perlengkapan rumah tangga, fashion, perhiasan, dekorasi rumah, alat-alat bangunan, general merchandiser, produk perkapalan, alat komunikasi, elektronik, produk makanan, beverages, essential oil, automotive components, electronics dan bahan kimia.

Selain kunjungan 20 pengusaha, Gubernur Provinsi Sandaun, Hon Amkat Mai dan rombongan juga akan berkunjung ke Trade Expo Indonesia 2012. Gubernur Sandaun dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan sejumlah kalangan seperti PT Hutama Karya, Panin Bank dan Perusahaan pembuat pesawat terbang PT Dirgantara Indonesia di Bandung.

Kesediaan Gubernur dan para pengusaha untuk datang ke Jakarta baik untuk menghadiri Trade Expo maupun melakukan pertemuan dengan instansi terkait di Indonesia merupakan babak baru dalam peningkatan hubungan antara Indonesia dan PNG khususnya dengan Provinsi Sandaun.

Provinsi Sandaun adalah salah satu provinsi tebesar ketiga di Papua Nugini dengan jumlah penduduk 200.000 orang. Produk Indonesia masuk Provinsi Sandaun umumnya melalui pasar Skouw di perbatasan Indonesia-PNG. Diperkirakan transaksi perdagangan ekspor produk Indonesia ke Provinsi Sandaun lebih dari Rp 60 miliar per tahun. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com