Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhaiman Pantau Kesiapan Peserta ASC di Bekasi

Kompas.com - 18/10/2012, 15:11 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar memantau kesiapan peserta ASEAN Skills Competition IX di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/10/2012).

Pelaksanaan ASC IX di Jakarta pada pertengahan November 2012, kata Muhaimin, merupakan momentum Indonesia untuk mengejar standar kompetensi yang sesuai kebutuhan dunia usaha. ASEAN sepakat standar keterampilan kerja di ASEAN ditingkatkan menjadi standar dunia.

Lokasi yang didatangi Muhaimin ialah PT Panasonic Gobel Indonesia di Kabupaten Bekasi dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (Cevest) di Kota Bekasi. Menteri meninjau pusat pelatihan kejuruan elektronik, industrial automotion, dan refrigeration air conditioning, sebagai tiga cabang dari 23 cabang yang akan dilombakan dalam ASC IX.

Muhaimin mengatakan, Indonesia sudah mempersiapkan diri selama setahun. "Kompetisi ini penting untuk acuan menentukan standar kompetensi pekerja di ASEAN," ujarnya.

ASC merupakan kegiatan dua tahunan. ASC VII digelar di Thailand di mana tuan rumah meraih gelar juara umum. Kontingen Indonesia saat itu menempati urutan kedua dengan 8 medali emas, 2 perak, 7 perunggu, dan 13 sertifikat diploma. Untuk ASC IX, Indonesia selaku tuan rumah menargetkan juara umum.

ASC IX akan diikuti 750 peserta dari 10 negara anggota ASEAN. Kompetisi ini sekiranya akan dihadiri oleh 10.000 pengunjung. Kompetisi menurut rencana dilaksanakan di Jakarta Convention Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com