Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Volume Transaksi Eskpor Bank Mandiri Tumbuh 30 Persen

Kompas.com - 18/10/2012, 16:35 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-Volume transaksi ekspor Bank Mandiri dalam tiga tahun terakhir, tumbuh rata-rata 30 persen per tahun. Hingga September 2012, transaksi ekspor melalui Bank Mandiri tercatat 40,8 miliar dollar AS sedangkan transaksi impor sebesar 42,5 miliar dollar AS atau tumbuh sebesar 31 persen . Di sisi bank garansi, Bank Mandiri telah mendominasi pasar dengan market share sekitar 24 persen .

Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri Sunarso, Kamis (18/10/2012) mengatakan, pada akhir 2012, transaksi ekspor melalui Bank Mandiri diharapkan dapat mencapai 63,5 miliar dollar AS dan transaksi impor 60,9 miliar dollar AS serta transaksi bank garansi mencapai Rp 32,3 triliun.

Saat ini, para eksportir dan importir dapat melakukan transaksi ekspornya di 13 Trade Service Center (TSC) dan 18 Trade Service Desk (TSD) Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada setiap kantor terdapat trade specialist yang dapat membantu eksportir, importir dan pelaku bisnis dalam mengurusi transaksinya. Khusus untuk eksportir dari segmen usah akecil dan menengah (UKM).

Bank Mandiri juga memberikan layanan edukasi guna meningkatkan daya saing UKM dalam menembus pasar global. Edukasi tersebut meliputi peningkatan kemampuan managemen perusahaan, perluasan jaringan guna membuka pasar ekspor serta implementasi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance -GCG).

"Melalui berbagai inovasi tersebut, kami ingin memberikan berbagai kemudahan layanan perdagangan bagi nasabah pelaku bisnis dan memperlancar masuknya DHE ke Indonesia terutama melalui Bank Mandiri. Kami berharap, melalui upaya ini Bank Mandiri dapat menjadi bank utama transaksi trade bagi nasabah, bank penerima DHE utama dengan market share terbesar yaitu mencapai 35 persen dan bank penerbit bank garansi utama dengan market share diatas 25 persen . Kami optimis dapat mencapai target itu karena per Agustus 2012 market share DHE Bank Mandiri telah mencapai 28,8 persen dan market share BG telah mencapai 24 persen," ujar Sunarso.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com