Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Bisnis Rujak Es Krim

Kompas.com - 19/10/2012, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Rujak dan es krim adalah dua jenis makanan berbeda. Jika kedua makanan ini disatukan tentu rasanya bakal ramai. Ada sensasi rasa pedas, manis, asam, dingin, dan segar. Lantaran banyak peminatnya, sekarang jajanan gado-gado ini gampang ditemukan di pinggir-pinggir jalan.

Salah satu pemainnya Fina Rosa di Mojorejo, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Mengusung brand Rujak Es Krimku, ia menawarkan rujak es krim dengan tiga varian rasa, yakni rasa original, manis pedas, dan pedas.

Berdiri tahun 2010, Rujak Es Krimku langsung menawarkan kemitraan usaha. "Saat ini, kami telah memiliki 25 gerai," kata Fina. Tiga gerai milik sendiri dan sisanya milik mitra. Gerai tersebut tersebar di Malang, Jakarta, Balikpapan, Palangkaraya, Cirebon, Bali, Bandung, Nusa Tenggara Barat, Medan, dan Batam.

Harga jual rujak es krimnya berada di kisaran Rp 4.000 sampai Rp 7.000 per gelas. "Harga ditentukan harga bahan baku di suatu daerah," ujarnya.

Agar kualitas rasa tetap sama, Fina mewajibkan mitra membeli tepung es krim dan bumbu rujak dari pusat. Dalam kemitraan ini, ia mematok biaya investasi Rp 4,5 juta. Mitra akan mendapatkan booth, peralatan berjualan, cetakan es krim, serutan buah, mangkok, dan pelatihan.

Mitra ditargetkan bisa meraup omzet sebesar Rp 150.000 sampai Rp 300.000 per hari. Adapun laba bersihnya sebesar 40% dari omzet. Ia menjanjikan mitra akan balik modal sektiar tiga bulan pasca beroperasi. "Kami tidak memungut royalti fee," ujarnya. (Noverius Laoli/Kontan)

 Lebih banyak mengenai kewirausahaan, silakan klik INSPIRASI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com