Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi TEI Sudah Melebihi 100 Dollar AS

Kompas.com - 19/10/2012, 17:54 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hingga hari kedua Trade Expo Indonesia (TEI), Jumat (19/10/2012), didominasi pembelian dari para buyers yang berasal dari negara nontradisional.

Hingga saat ini, total nilai transaksi dagang TEI telah melampaui 106,9 juta dollar AS, yang terdiri dari transaksi barang 22,25 juta dollar AS dan jasa 83,95 juta dollar AS. Transaksi produk barang didominasi otomotif sebesar 16,94 persen, diikuti bahan bangunan 0,72 persen, furnitur 0,71 persen , kulit dan produk kulit 0,59 persen, serta teknologi informasi 0,47 persen.

Adapun buyers yang paling banyak melakukan transaksi berasal dari Nigeria sebesar 14,15 pe rsen, diikuti Vietnam 1,9 persen, Filipina 1,18 persen, Aljazair 0,36 persen dan Turki 0,35 persen. "Persentase transaksi tersebut menunjukkan bahwa buyers negara-negara nontradisional banyak yang tertarik dengan produk Indonesia," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami.

Salah satu produk unggulan yang cukup mencuri perhatian dari buyers, antara lain mobil pemadam kebakaran produksi Magelang, Jawa Tengah, dengan rencana transaksi bisnis dari Arab Saudi, Jamaika, Nigeria, Vietnam, dan Filipina. Buyers dari Zimbabwe juga berminat membeli produk kertas, sedangkan buyers dari Brunei Darussalam dan Kolombia berminat dengan beragam produk spa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com