Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Minta Developer Bangun Rumah Murah

Kompas.com - 21/10/2012, 14:51 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa meminta pengembang (developer) untuk membangun rumah terjangkau namun masih layak huni bagi masyarakat. Hal tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah.

"Pemerintah memiliki program pengembangan perumahan masyarakat miskin. Itu sebaiknya menghasilkan produk perumahan yang layak huni namun dengan harga terjangkau. Saya harap pengembang mau memikirkan perumahan untuk kelas bawah," kata Hatta saat membuka pameran industri properti BNI-REI Expo di Jakarta, Sabtu (20/10/2012) malam.

Menurut Hatta, selama ini pemerintah sudah memiliki dana insentif untuk pembangunan rumah murah itu. Begitu juga dengan program pemerintah mengenai pembangunan perumahan tipe kluster empat bagi masyarakat tidak mampu. Program pembangunan perumahan tipe kluster dan dana insentif yang akan dialokasikan ke Kementerian Perumahan Rakyat ini hanya tinggal eksekusi saja.

"Namun dana dari pemerintah saja tidak cukup. Seharusnya ada sistem kemitraan baik dari pemerintah, swasta dan publik," tambahnya.

Selama ini, pihak swasta, misalnya dari kalangan perbankan, sudah menyediakan dana kredit pemilikan rumah (KPR). Dana dari kalangan swasta tersebut nantinya bisa diselaraskan dengan program pemerintah yang memberikan insentif bagi perumahan rakyat.

Menurut Hatta, program kemitraan ini sudah didorong untuk diaplikasikan di anak usaha Kementerian BUMN maupun swasta.

"Kami sudah meresmikan dua proyek, salah satunya di NTB. Sehingga BUMN dan swasta menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mereka, pemerintah hanya menambah sedikit," jelasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com