Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Negara Siap Bergabung ke Forum Asia-Eropa

Kompas.com - 04/11/2012, 11:40 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

VIENTIANE, KOMPAS.com - Tiga negara yakni Norwegia, Bangladesh, dan Swiss siap bergabung dengan Forum Asia-Eropa. Ketiga negara tersebut akan menjalani upacara penerimaan anggota, sebelum Konfrensi Tingkat Tinggi Asia-Eropa (ASEM) berlangsung.

"Negara-negara tersebut akan diterima sebagai anggota baru di Forum Asia-Afrika. Akan ada ceremony proses penerimaan mereka," kata Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo, kepada wartawati Kompas Eny Prihtiyani di Vientiane Laos, Minggu (4/11/2012).

Anggota ASEM terdiri dari 48 negara yakni 10 negara ASEAN, Jepang, Korea Selatan, China, India, Pakistan, Mongolia, Sekretariat ASEAN, 27 negara Uni Eropa, Rusia, Australia, Selandia Baru, dan Komisi Eropa. Dengan bergabungnya tiga negara baru, maka total anggota ASEM akan be rtambah menjadi 51.

Gagasan ASEM berawal pada tahun 1994 saat Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong menjadi Ketua ASEAN. Ia menyampaikan ide kepada PM Prancis, Édouard Balladur , untuk membentuk suatu "Konferensi Tingkat Tinggi" Asia-Eropa agar hubungan Asia dan Eropa semakin kuat.

Tindak lanjut ide ini terjadi pada tahun 1996 ketika dilakukan dengar pendapat dari 16 anggota Uni Eropa dan tujuh anggota ASEAN ditambah Jepang , Tiongkok , dan Republik Korea.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com