Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SCG Tetap Jadi Pemimpin di DJSI

Kompas.com - 05/11/2012, 14:04 WIB
Anastasia Joice

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Siam Cement Group (SCG) untuk kedua kalinya secara berturut-turut tercatat sebagai pemimpin sektor bahan dan perlengkapan bangunan pada Down Jones Sustainability Indexes (DJSI). Sejak tahun 2008, SCG telah diklasifikasikan sebagai premium gold class selama lima tahun berturut-turut.

DJSI merupakan indeks keamaan yang menilai pembangunan berkelanjutan dari perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia. Indeks tersebut merupakan tolok ukur penting yang sebagian besar digunakan  pengelola dana investasi besar untuk mengintegrasikan dimensi keberlanjutan dalam portofolio mereka.

Para pengelola dana ini memiliki keyakinan bahwa perusahaan yang mencatatkan usaha secara berkesinambungan akan mendapat pencapaian yang lebih baik dan lebih besar.

"Selama hampir 100 tahun berdiri, SCG dengan kuat beroperasi secara harmonis dengan pembangunan berkelanjutan dengan komitmen kuat terhadap sosial dan lingkungan kepada seluruh pemangku kepentingan," kata President & CEO SCG Kan Trankulhoon di Bangkok, Senin (5/11/2012), seperti dilaporkan wartawan Kompas Anastasia Joice.

SCG juga akan membangun pabrik semen di Jawa Barat. Dalam pembangunan pabrik semen tersebut, SCG akan membawa teknologi baru yang akan mengurangi kerusakan lingkungan serta mendukung kesejahteraan rakyat di sekitar pabrik.

"Kami akan menggunakan teknologi baru, seperti pengurangan limbah," ujar Pramote Techasupatkul, President SCG Cement dan Chairman SCG Sustainable Development Committee.

Menurut dia, sejauh ini belum ada hambatan dalam menerapkan rencana-rencana pembangunan berkesinambungan di Jawa Barat tersebut.

Dia mengambil contoh, telah membuat proyek di Thailand untuk mengembalikan kesuburan tanah sehingga para petani dapat meningkatkan hasil panennya. Kan menjelaskan, setiap tahun ada evaluasi dari DJSI untuk melihat perkembangan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com