Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Garuda dengan Roll-Royce

Kompas.com - 05/11/2012, 17:47 WIB
Haryo Damardono

Penulis

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com-Bertempat di Saint James Palace, London, Garuda Indonesia dan Roll-Royce telah menandatangani kerja sama program perawatan (total care) mesin Trent 700.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dan Presiden Direktur Roll-Royce Indonesia, Adrian Short; disaksikan Menteri Senior Perdagangan dan Investasi Inggris, Menteri Perdanganan RI, Gita Wiryawan, dan Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib Basri.

Demikian diinfomasikan oleh juru bicara Garuda Indonesia Pujobroto, Senin (5/11/2012) di Jakarta. Melalui kerja sama itu, sebanyak 21 unit Aibus A330 Garuda yang akan diterima mulai bulan November 2012 sampai dengan 2017 akan menggunakan Engine Trent 700 Roll-Royce berikut perawatannya dalam bentuk Total Care Program.

Kerja sama ini melanjutkan Total Care Program yang sudah dimulai sejak 2008 terhadap 14 A 330 Garuda yang sudah beroperasi saat ini.

Melalui kerja sama perawatan "Total Care" tersebut, Garuda akan mendapatkan berbagai nilai tambah berkaitan dengan pengoperasian pesawat A 330-nya. Tingkat "reliability" mesin-mesin Trent 700 yang dipergunakan pada pesawat A 330 Garuda akan memiliki tingkat "reliabilty" yang tinggi.

Disamping itu, dengan jaminan ketersediaan suku cadang mesin dan pemantauan kesehatan mesin, maka penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan antisipatif. Hal ini akan menghindari pesawat berada terlalu lama berada di darat, karena semakin lama di darat berarti mengurangi kesempatan untuk dioperasikan, atau mengurangi potensi pendapatan perusahaan.

Kini, Garuda Indonesia mengoperasikan 104 pesawat, dan sejalan program pengembangan armada maka tahun 2015 nanti Garuda akan memiliki 144 pesawat, sementara anak perusahaan Garuda Citilink - yang merupakan "low-cost carrier" - akan mengoperasikan 50 pesawat.  

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com