Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Negara Menjadi Anggota ASEM

Kompas.com - 05/11/2012, 19:42 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

VIENTIANE, KOMPAS.com-Penerimaan tiga anggota baru Forum Asia-Eropa berlangsung meriah. Ketiga negara tersebut adalah Norwegia, Swiss, dan Bangladesh. Pengukuhan sebagai anggota baru dilakukan sebelum Konfrensi Tingkat Tinggi Asia-Eropa (ASEM) dibuka.

Mereka diterima oleh Perdana Menteri Laos Thongsing Thammavong, di National Convention Centre Vientiane Laos, Senin (5/11/2012) sesaat sebelum KTT ASEM ke-9 dibuka. Ketiga negara selama ini telah berperan aktif di kawasan Asia-Eropa. "Karenanya mereka disetujui sebagai anggota baru," ujarnya.

Penerimaan mereka sebagai anggota ditandai dengan iring-iringan bendera ketiga negara, ke dalam ruangan. Bendera-bendera lalu dipasang ditiang dan disejajarkan dengan bendera negara anggota lainnya. Tepuk tangan pun membahana menyambut iring-iringan tersebut.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang membuat Bangladesh diterima sebagai anggota baru ASEM. "Bagi kami negara yang berada di kawasan Asia, Eropa adalah mitra ekonomi yang cukup penting," katanya.

Dengan bergabungnya tiga negara tersebut makan ASEM memiliki 51 anggota.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com