Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentang Pergerakan IHSG di 4.290-4.365

Kompas.com - 09/11/2012, 08:22 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan kembali dicoba kekuatannya di tengah tekanan yang berasal dari eksternal, Jumat (9/11/2012). Menurut riset Panin Sekuritas, rentang pergerakan indeks saham domestik itu di level 4.290-4.365.

IHSG kemarin ditutup melemah menyusul sentimen negatif dari Wallstreet. Presiden AS yang baru terpilih kembali dalam pilpres, Barack Obama, kini harus menghadapai negosiasi dengan kongres untuk menghindar dari apa yang namanya fiscal cliff dalam bentuk penaikan pajak dan pemotongan belanja negara yang mengancam pertumbuhan ekonomi AS.

Dari Eropa, komentar ECB juga menyumbang sentimen negatif karena kekuatiran akan krisis utang yang ditakutkan membawa dampak negatif kepada pertumbuhan ekonomi Jerman.

Komisi Eropa menurunkan proyeksi pertumbuhan 17 negara euro 2013 dari 1 persen menjadi 0,1 persen. Untuk Jerman sendiri diturunkan dari 1,7 persen menjadi 0,8 persen.

Pada perdagangan terakhir pekan ini IHSG diproyeksikan akan bergerak mendatar dengan kecenderungan menguat. Meski sempat turun tajam pada perdagangan kemarin, akan tetapi IHSG masih dapat ditutup di atas level psikologis 4.300.

Kisaran support-resistance indeks saham hari ini diperkirakan di level 4.290-4.365. Sejumlah saham pilihan yakni CPIN, SSIA, GIAA dan MDRN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com