Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Minta Perbaikan Infrastruktur ke SBY

Kompas.com - 11/11/2012, 07:59 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Group telah bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait perpanjangan rencana investasinya ke depan. Namun, pihaknya meminta perbaikan infrastruktur di Tanah Air kepada SBY.

Presiden Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda menjelaskan, kebutuhan infrastruktur Toyota itu akan memperlancar kebutuhan investasinya di Indonesia.

"Kami sudah bertemu dengan Presiden SBY, kami minta beliau untuk berkomitmen dengan infrastruktur," kata Toyoda selepas konferensi pers di Hotel Mandarin Jakarta, Sabtu (10/11/2012).

Menurut Toyoda, kebutuhan untuk memperbaiki infrastruktur tersebut karena pihaknya ingin melakukan ekspor mobil yang telah dirakitnya di Indonesia. Tahun ini, Toyota akan melakukan ekspor mobil sebanyak 101 ribu unit (completely build up/CBU). Rinciannya sebanyak 60 ribu unit mobil Toyota dan 41 ribu mobil Daihatsu.

"Dengan keinginan ekspor tersebut, maka diperlukan infrastruktur yang memadai," tambahnya.

Sekadar catatan, Toyota Group menyatakan siap berinvestasi di Indonesia. Nilai investasinya mencapai Rp 13 triliun yang akan direalisasikan dalam 5 tahun mendatang. Toyota Group siap melanjutkan komitmen perseroan yang telah dimulai sejak 1971 lalu.

"Hingga 2017 mendatang, kami siap merealisasikan investasi senilai Rp 13 triliun. Nilai tersebut termasuk investasi untuk Toyota senilai Rp 4,7 triliun," tambah Toyoda.

Menurut Toyoda, investasi tersebut akan dilakukan di enam perusahaan yang berada di bawah Toyota Group yaitu Toyota Motor Corporation (TMC), Toyota Auto Body Co Ltd (Toyota Auto Body), Toyota Tsusho Corporation (Toyota Tsusho), Aisin Seiki Co Ltd (Aisin Seiki), Denso Corporation (Denso) dan Daihatsu Motor Co Ltd (Daihatsu).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com