Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Menguji Level Dukungan di 4.310

Kompas.com - 12/11/2012, 09:13 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat dibuka melemah di awal sesi bursa, indeks akhirnya mampu ditutup menguat tipis di level 4.333 pada penutupan perdagangan pekan lalu. Di awal pekan ini, indeks saham menguji level support di 4.310. Pasar saham Indonesia sepanjang pekan lalu turun tipis 0,12 persen.

Kekhawatiran investor global atas berlakunya fiscal cliff di Amerika Serikat awal tahun mendatang menjadi katalis negatif bagi pasar saham global, termasuk Indonesia. Koreksi terbesar dicatatkan oleh sektor Perdagangan yang turun 2,08 persen dan diikuti oleh sektor Pertambangan (1,30 persen), Properti (1,04 persen) dan Aneka Industri (0,98 persen). Adapun sektor yang mengalami kenaikan adalah sektor Industri Dasar (+2,58 persen), Keuangan (+1,51 persen) dan Manufaktur (+0,10 persen).

Secara teknikal, menurut riset Mega Capital Indonesia, indeks dimungkinkan untuk dapat kembali melanjutkan penguatannya menuju resistance level di 4.355. Candle yang membentuk white closing marubozu menunjukkan minat beli dari pelaku pasar hingga akhir sesi. Stochastic berada di wilayah netral dengan kecenderungan menguat, namun jika indeks berbalik melemah kemungkinan dapat kembali menguji support level di 4.310. Hari ini diperkirakan indeks kembali fluktuatif dengan kecenderungan menguat terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com