Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Naikkan Pajak CPO hingga 300 Persen

Kompas.com - 13/11/2012, 18:38 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Perancis akan menaikkan pajak impor crude palm oil hingga 300 persen. Langkah tersebut diambil sebagai respons atas desakan masyarakat, pelaku usaha lokal, serta kalangan aktivis.

Produk CPO dianggap tidak aman bagi kesehatan sehingga konsumsinya harus dikurangi.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh di sela-sela acara Journalist Class di Jakarta, Selasa (13/11/2012), mengatakan, pemerintah di sana didesak untuk menerapkan pajak tinggi terhadap CPO karena dianggap tidak aman bagi kesehatan.

"Bahkan, setiap produk produksi dalam negeri harus mencantumkan bebas kandungan CPO," paparnya.

Dia mengatakan tudingan CPO berbahaya bagi kesehatan sebenarnya sudah pernah dilontarkan sejumlah negara. Produk CPO dinilai mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung.

Namun, tudingan tersebut sudah dibantah dengan penelitian. Hasil penelitian tidak menyebutkan CPO berbahaya bagi kesehatan." Jadi, tudingan mereka tidak benar," ujarnya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com