Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Gelar Produk Unggulan di Jakarta

Kompas.com - 20/11/2012, 11:27 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur menyelenggarakan Gelar Produk Unggulan Jawa Timur.

Pameran bertajuk "Sukseskan Pasar Dalam Negeri, Kuatkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi, Wujudkan Kedaulatan Ekonomi Jawa Timur" yang digelar di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Kavling 52-53, Jakarta Selatan, ini akan berlangsung mulai hari ini, Selasa (20/11/2012), hingga 23 November mendatang.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Euis Saidah saat membacakan sambutan Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat mengatakan, kuatnya daya saing ditunjang sumber daya manusia yang berkualitas menjadi modal pengembangan ekonomi daerah Jatim.

"IKM diharapkan agar terus bertumbuh dan berkembang untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Berdasar data Kementerian Perindustrian, pada 2011 jumlah IKM mencapai 3,9 juta unit dan menyerap tenaga kerja sebanyak 9,14 juta orang. IKM menyumbang 10 persen terhadap produk domestik bruto.

"Diharapkan sumbangan IKM ini akan meningkat menjadi 50 persen pada tahun 2025," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com