Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKF 2012 Medan Bagi-bagi Tips Melamar Pekerjaan

Kompas.com - 21/11/2012, 17:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Gelaran Kompas Karier Fair (KKF) 2012 di Uniland Plaza Kota Medan tak hanya memanjakan para pengunjung dengan puluhan stand perusahaan ternama. KKF juga memberikan waktu khusus untuk berbagi pengalaman terkait masa mencari dan memasuki dunia kerja.

Hadir sebagai pembicara dalam sesi sharing adalah Corporate Human Resources Kompas Gramedia Rumpoko Hadi. Selama satu jam para pengunjung KKF di Medan disuguhkan tips-tips melamar dan memulai pekerjaan.

Dalam kesempatan itu, Hadi banyak menyampaikan tips-tips ringan menganai cara menulis curriculum vitae (CV), cara menghadapi interview, dan juga cara lolos dari psikotes dan tes bidang.

Para pengunjung yang didominasi usia fresh graduate tampak fokus mengikuti kuliah singkat yang diberikan. Dalam pembuatan CV, Hadi mengingatkan para job seeker untuk memperhatikan hal-hal kecil. Tujuannya agar CV dapat dibuat semenarik mungkin sehingga memiliki magnet untuk dibaca lebih lanjut.

"Profesionalisme Anda akan terlihat dalam CV. Maka pakailah foto terkini, perhatikan font dan letak tulisan. Buat semenarik dan seobjektif mungkin, bayangkan bila Anda harus membaca ratusan CV setiap harinya," kata Hadi dalam sesi sharing di KKF 2012 Medan, Rabu (21/11/2012).

Untuk lolos interview, Hadi juga memberikan beberapa tips sederhana untuk para pengunjung KKF Medan, yakni dengan cara menguasai background perusahaan serta posisi pekerjaan yang dilamar, termasuk juga menjaga kondisi fisik dan membuat komunikasi yang baik selama interview berjalan.

"Kalau untuk psikotes cukup dengan belajar berhitung, dan yang penting usahakan makan sebelumnya serta istirahat yang cukup. Tes bidang juga begitu, kuasai posisi yang dilamar dan belajar," tukasnya.

Tak hanya menyampaikan beberapa tips sederhana, Hadi juga membuka sesi tanya jawab. Kesempatan ini digunakan oleh para pengunjung KKF untuk menanyakan hal-hal seperti mengatasi kegugupan, dan bagaimana cara mudah berorientasi saat memulai bekerja di perusahaan yang baru.

"Bekerja itu beda dengan sekolah, kita harus bisa menyelesaikan masalah yang kadang datang sekaligus. Bagus kalau kita mulai membiasakan diri bekerja di bawah tekanan," pungkasnya.

KKF di Medan ini digelar selama dua hari, yakni 21-22 November 2012. Hadir dalam event ini 35 perusahaan multi nasional yang bergerak di berbagai bidang. Para pencari kerja yang belum atau telat melakukan registrasi dapat langsung mengunjungi lokasi dan melakukan registrasi secara gratis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com