Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Batalkan Rencana Naikkan Pajak CPO

Kompas.com - 21/11/2012, 18:32 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis menolak proposal yang diajukan para aktivis setempat, yang meminta kenaikan bea masuk untuk crude palm oil hingga 300 persen.

Indonesia menyambut baik keputusan tersebut. Pemerintah berkomitmen untuk melawan setiap kampanye hitam terhadap CPO dan produk turunannya.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, Rabu (21/11/2012) mengatakan usulan para aktivis telah resmi ditolak parlemen Perancis.

"Tentunya kami gembira dengan keputusan tersebut. Hal serupa sebenarnya pernah terjadi di Amerika Serikat. Saat itu juga sempat muncul usulan untuk menaikkan pajak CPO karena pertimbangan faktor kesehatan. Namun usulan itu juga gugur. Ini bukti bahwa alasan kesehatan tidak bisa untuk menjegal CPO," katanya.

Menurut Bayu, meski keputusan Perancis melegakan, namun bukan berarti kampanye hitam terhadap CPO berakhir. Tidak mempan dengan isu kesehatan, maka digunakanlah isu lingkungan. Karenanya counter kampanye harus terus dilakukan.

"Awal Desember nanti rencananya saya akan ke Eropa untuk menjelaskan bahwa CPO kita ramah lingkungan," katanya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com