Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Pemberdayaan Pedagang Kecil Digelar

Kompas.com - 22/11/2012, 19:15 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Gebyar Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia atau IPPKINDO 2012 digelar di Gedung SMESCO UKM Jakarta mulai Kamis (22/11/2012) ini. Pameran yang akan berlangsung hingga 25 November mendatang itu memamerkan aneka produk UKM binaan, bursa kerja, aneka kuliner Nusantara dan beragam acara pendukung.

"Gebyar IPPKINDO ketiga ini dimaksudkan sebagai tolok ukur keberhasilan pemberdayaan UKM sekaligus media koordinasi antara pemerintah, masyarakat, dan UKM," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (IPPKINDO) Titi Cacuk Sudarijanto di Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Menurut Titi, saat ini adalah era bagi UKM untuk menunjukkan aktivitasnya di bidang ekonomi. Gebyar IPPKINDO diharapkan memberi motivasi bagi UKM agar usahanya semakin berkembang.

"UKM harus berusaha meningkatkan kemampuan dan kualitas usaha, agar bisa jadi besar dan kuat. Pameran ini diharapkan memotivasi dan meningkatkan jejaring pelaku UKK agar usaha mereka kian dikenal," ujar Titi.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengapresiasi langkah IPPKINDO agar usaha kecil bisa berkembang menjadi menengah dan besar. " Perlu dijaga hubungan produsen dan pedagang. Jangan sampai nilai tambah produsen diambil pedagang dari luar," kata Agus.

Agus menekankan pentingnya kualitas pemasaran dari pelaku usaha. Dia mencontohkan, di tangan pedagang yang jago pemasaran, produk dari produsen kerajinan di suatu daerah yang harganya Rp 250 ribu pun bisa dijual lagi hingga berlipat kali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com