Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Kelautan Butuh Sentuhan Ekonomi Biru

Kompas.com - 26/11/2012, 13:58 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, percepatan dan perluasan pembangunan sektor kelautan dan perikanan membutuhkan sentuhan dari prinsip-prinsip ekonomi biru (blue economy). "Prinsip-prinsip blue economy sangat cocok diterapkan dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan untuk meningkatkan nilai tambah yang berdampak pada meningkatnya pendapatan pelaku usaha dengan tidak merusak lingkungan," ujar Sharif dalam siaran pers, Senin (26/11/2012).

Ia menambahkan, blue economy berbasiskan pada program pengelolaan kelautan dan pesisir secara terpadu. Prinsip-prinsip blue economy mengakomodasi kepentingan para nelayan. Hal ini akan disinergikan dengan strategi industrialisasi kelautan dan perikanan.  

Pembangunan sektor kelautan dan perikanan sebagai salah satu sumber ketahanan pangan Indonesia mengacu pada keseimbangan antara upaya pertumbuhan global dan pembangunan berwawasan lingkungan. Dari Minggu (25/11/2012) hingga hari ini, KKP menggelar kegiatan focus group discussion (FGD) untuk memperkuat dan meningkatkan pemahaman mengenai konsep  blue economy. Forum tersebut turut menghadirkan pakar-pakar di sektor kelautan dan perikanan, termasuk inisiator sekaligus penulis buku tentang  blue economy asal Belgia, Gunter Pauli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com