Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPPI Selidiki Impor Kondom

Kompas.com - 27/11/2012, 15:32 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) menetapkan akan memulai penyelidikan Tindakan Pengamanan Perdagangan ( Safeguards) atas importasi kondom dengan Nomor Harmonized System (HS). 4014.10.00.00 besok, Rabu (28/11/2012) .

Hal tersebut didasarkan atas permohonan dari PT. Mitra Rajawali Banjaran kepada KPPI pada 9 November 2012 yang meminta agar Pemerintah RI mengenakan Tindakan Pengamanan Perdagangan (Safeguard Measures) atas importasi barang dimaksud.

Dalam permohonan tersebut, pemohon mengklaim telah mengalami kerugian serius atau ancaman kerugian serius yang diakibatkan oleh lonjakan jumlah impor kondom dimaksud.  

Setelah melakukan penelitian terhadap permohonan tersebut, KPPI memperoleh bukti awal tentang lonjakan jumlah impor barang dimaksud dari tahun 2008 hingga 2011, dan indikasi awal mengenai kerugian yang dialami oleh PT. Mitra Rajawali Banjaran akibat importasi tersebut .

Untuk itu , pihak yang berkepentingan diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan tertulis atas penyelidikan Tindakan Pengamanan Perdagangan (Safeguards ) yang dilakukan oleh KPPI, dan menyampaikannya kepada kantor KPPI di Gedung I Lantai 9 Kementerian Perdagangan, JL. M.I. Ridwan Rais No. 5, Jakarta Pusat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com