Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Ekonomi Daerah, BI Terbitkan Aturan Baru

Kompas.com - 28/11/2012, 15:11 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bank Indonesia sebagai penjaga stabilitas sistem moneter memiliki tanggung jawab untuk memperkuat perbankan nasional sebagai bagian utama dari sistem keuangan Indonesia, dan juga di daerah.

Perkuatan itu dilakukan dengan melengkapi regulasi perbankan, di antaranya dengan menerbitkan aturan seperti aturan loan to value (LTV), kewajiban penyediaan modal minimum (KPMM), pemeliharaan capital equivalency maintanained assets (CEMA), penyesuaian kegiatan usaha dan perluasan jaringan kantor bank berdasarkan modal, maupun penataan struktur kepemilikan bank.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BI Wilayah Kalimantan (Kalsel) Khairil Anwar dalam pernyataannya yang dikirim ke Kompas, Rabu (28//11/2012), di Jakarta.

Sehari sebelumnya, saat memimpin pertemuan Tahunan Perbankan 2012 (Bankers' Luncheon) di Kantor Perwakilan BI Wilayah Kalimantan, Selasa kemarin, Khairil menyatakan hal yang sama.

Dalam acara itu hadir Gubernur Provinsi Kalsel Rudy Ariffin, Ketua DPRD Provinsi Kalsel Nasib Alamsyah, dan pimpinan perbankan se-Kalsel.

"Kebijakan tersebut diambil untuk memelihara kestabilan ekonomi yang ada serta meningkatkan fungsi intermediasi perbankan pada sektor riil," kata Khairil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com