Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Wirausaha Butuh Dukungan Anggaran

Kompas.com - 28/11/2012, 18:01 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah perlu mengalokasikan anggaran secara khusus untuk pengembangan wirausaha. Selama ini tingkat kewirausahaan masih cukup rendah, sementara mereka menjadi tulang punggung penting bagi perekonomian nasional.

Hal tersebut disampaikan pemilik Ciputra Group, Ciputra, dalam acara Kompas 100 CEO Forum, di Jakarta, Rabu (28/11/2012). "Dari anggaran APBN sekitar Rp 1.600 triliun, kami minta satu persen saja untuk entrepreneurship. "Pemerintah tak perlu khawatir, dengan satu persen itu nanti akan kembali lebih dari 100 persen," paparnya.

Menurut dia, anggaran tersebut nantinya akan difokuskan untuk pengembangan kewirausahaan, khususnya pendidikan dan pelatihan bagi para wirausahawan di Indonesia. Misalnya, dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan khusus dunia usaha. Ciputra telah mendirikan 15 sekolah dan 4 univeristas untuk menularkan jiwa kewirausahaan.

"Kita ini sudah 350 tahun dijajah Belanda. Kini, bangsa Indonesia telah merdeka dan sudah saatnya mengubah mindset masyarakat untuk memiliki mental mandiri dan berjiwa wirausaha. Kami telah mendirikan CiputraCenter, namun tidak puas. Untuk itu, kami mengajak Bank Indonesia dan bank BUMN mendirikan incubator center dari Sabang hingga Merauke sampai tingkat kecamatan," paparnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com