Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang ABM Investama di Aceh Beroperasi 2013

Kompas.com - 28/11/2012, 18:57 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Perusahaan energi terintegrasi di bawah Grup Tiara Marga Trakindo, PT ABM Investama Tbk, menargetkan pekerjaan infrastruktur tambang batubara di Aceh rampung pada semester kedua tahun 2013. Melalui anak perusahaannya, ABM Investama telah mengalokasikan 125 juta dollar AS untuk proyek tersebut.

"Semester kedua 2013 kami targetkan sudah selesai dan siap untuk memulai produksi secara komersial. Tentu saja besaran produksi ditetapkan berdasarkan kontrak yang kami dapatkan dari kustomer dari luar negeri, seperti India, China, maupun dari dalam negeri," kata Direktur Utama ABM Investama, Andi Djajanegara, Rabu (28/11/2012) di Jakarta.

Pembangunan infrastruktur Aceh yang berlokasi di Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Barat di bawah anak usaha PT Media Djaya Bersama (MDB) tersebut akan mempermudah proses distribusi batubara dari tambang ke pelabuhan (pit to port), yang langsung berhubungan dengan Samudra Hindia.

Andi menambahkan, perseroan saat ini berada dalam fase investasi guna mempersiapkan diri memasuki fase pertumbuhan selanjutnya. Perseroan akan menuntaskan rencana investasi di beberapa anak usaha, termasuk tambang batubara Aceh.

Selama tahun 2012, ABM Investama telah menghabiskan belanja modal sebesar 231 juta dollar AS per September 2012. Angka ini setara dengan 92 persen dari total alokasi belanja modal 2012, sebesar 252 juta dollar AS. Jumlah itu digunakan untuk investasi jangka panjang yang akan memperkuat bisnis ABM Investama dalam 5 tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com