Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Angkat Deputi Menteri BUMN Jadi Komisaris

Kompas.com - 29/11/2012, 12:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) resmi mengangkat Deputi Menteri BUMN Bidang Industri Strategis dan Manufaktur, Dwijanti Tjahjaningsih, sebagai komisaris.

Pengangkatan Dwijanti ini dilakukan berdasarkan surat Bank Indonesia No. 14/141/GBI/DPIP/Rahasia tanggal 20 November 2012.

Sekretaris Perusahaan BTN Rakhmat Nugroho dalam publikasi resmi di Jakarta, Kamis  (29/11/2012) mengungkapkan keputusan pengangkatan ini menindaklanjuti hasil RUPS Tahunan BTN pada 19 April 2012.

"Sehubungan dengan telah diterbitkannya persetujuan dari Bank Indonesia atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit & proper test), maka sejak diterbitkannya surat Bank Indonesia tersebut, pengangkatan Dwijanti Tjahjaningsih sebagai Komisaris BTN telah menjadi efektif," tutur Rakhmat.

Adapun susunan dewan Komisaris BTN, yakni Zaki Baridwan sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen, Subarjo Joyosumarto Komisaris Independen, dan masing-masing Mulabasa Hutabarat, Deswandhy Agusman, Sahala Lumban Gaol, serta Dwijanti Tjahjaningsih sebagai Komisaris.

Untuk diketahui, Menteri BUMN Dahlan Iskan telah menghapus rangkap jabatan pada perusahaan selain BUMN yang tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-16/MBU/2012 tentang Perubahan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-01/MBU/2012 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Direksi BUMN.

Pada Permen lama nomor 5 menerangkan anggota direksi BUMN dapat menjadi anggota dewan komisaris perusahaan selain anak perusahaan atau perusahaan patungan BUMN yang bersangkutan, apabila mendapat persetujuan menteri.

Menurut Dahlan, pencabutan aturan tersebut agar direksi BUMN bisa fokus menjalankan tugas, serta mencegah terjadinya benturan kepentingan (conflict of interest).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com